Jumat, 05 Oktober 2012

Karena Teman Adalah Modal



Pengen punya bisnis tapi gak punya uang?  Gak usah bingung dan tak perlu cemas.
Jika ada seribu jalan menuju Roma, ada seribu satu jalan untuk menjadi pengusaha.
Modal yang paling utama untuk memulai usaha adalah niat yang kuat, Bismillah dengan menyebut nama Allah kita melakukan sesuatu yang baik dan halal.  

Ketika niat sudah terpancang dengan kuat, mulailah membuat daftar teman yang bisa kita jadikan mitra usaha kita.  

Dua kategori penting untuk memetakan teman kita adalah :
Teman- teman yang punya produk
Buat daftar ‘barang dagangan kita’ yang kita dapat dari teman-teman kita sendiri. Misalnya ada yang bisa membuat barang dari hasil merajut, pandai membuat makanan kecil, bisa menjahit atau hal lain.  Kita datangi saja mereka, kita tanyakan spesifikasi barang yang bisa mereka buat, berapa lama waktu pembuatannya dan berapa harganya. Itu kita jadikan modal dagangan kita, syukur-syukur ada contoh barang yang bisa kita pinjam untuk menawarkan dagangan.  Semakin banyak jenis barang dari teman yang berbeda, akan semakin baik.

Teman-teman dengan kebutuhan spesifik

Kenali teman yang lain yang akan jadi sasaran pasar kita. Siapa saja teman yang biasa menggelar acara yang butuh camilan sebagai sajiannya,  atau siapa yang membutuhkan asesoris rajutan misal untuk souvenir pernikahan.  Yang pasti cari peluang  memperluas pangsa pasar kita dengan mengenali kebutuhan teman-teman kita sendiri.

Jika produk dan pasar sudah terpetakan, mulailah kita menghubungkan antara konsumen dan produsen.  Manfaatkan segala sarana yang kita punya, bisa direct selling (menawarkan langsung), melalui facebook, BBM atau cara-cara yang lain. Jika ada konsumen yang memesan, mintalah DP sebagai tanda jadi, gunakan DP itu untuk memesan kepada produsen, kita pantau pesanan agar tepat waktu dan tepat kebutuhan.

Satu hal yang penting disini adalah ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan, jangan sampai pelanggan dikecewakan dengan keterlambatan.  Dengan ketepatan waktu, kita akan dipercaya baik oleh teman produsen maupun oleh teman pelanggan. Karena teman adalah modal, percaya deh !

Satu lagi, kalau cara ini berhasil...jangan lupa menuliskan pengalamannya sebagai bahan belajar untuk teman yang lain.

Postingan ini diikutkan GiveAway DUTA BUKU supported By Indscript Creative dan Yes24.com
http://un2triwidana.blogspot.com/2012/10/giveaway-duta-buku-kamis-minggu-i.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Asem